Ciri-ciri Penelitian Kualitatif


Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan  dari orang-orang  dan prilaku yang dapat  diamati, demikianlah pendapat  Bogdan dan Guba, sementara itu Kirk dam Miller  mendefinisikan penelitian kualitatif  sebagai tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusiaa dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristilahannya. Fraenkel danWallen menyatakan bahwa penelitian yang mengkaji kualitas hubungan, kegiatan, situasi, atau material disebut penelitian kualitatif, dengan penekanan kuat pada deskripsi menyeluruh dalam menggambarkan rincian segala sesuatu yang terjadi pada suatu kegiatan atau situasi tertentu.

Ciri- ciri pokok Penelitian Kualitatif
1Naturalistic inquiryMempelajari situasi dunia nyata secara alamiah, tidak melakukan manipulasi,; terbuka pada apapun yang timbul.
2Inductive analysisMendalami rincian dan kekhasan data guna menemukan  kategori, dimensi, dan kesaling hubungan.
3Holistic perspectiveSeluruh gejala yang dipelajari dipahami sebagai sistem yang kompleks lebih dari sekedar penjumlahan bagian-bagiannya.
4Qualitative dataDeskripsi terinci, kajian/inkuiri dilakukan secara mendalam.
5Personal contact and insightPeneliti punya hubungan langsung dan bergaul erat dengan orang-orang, situasi dan gejala yang sedang dipelajari.
6Dynamic systemsMemperhatikan proses; menganggap perubahan bersifat konstan dan terus berlangsung baik secara individu maupun budaya secara keseluruhan
7Unique case orientationMenganggap setiap kasus bersifat khusus dan khas
8Context SensitivityMenempatkan temuan dalam konteks sosial, historis dan waktu
9Emphatic NetralityPenelitian dilakukan secara netral agar obyektif tapi bersifat empati
10design flexibilityDesain penelitiannya bersifat fleksibel, terbuka beradaptasi sesuai perubahan yang terjadi (tidak bersifat kaku)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Oguri Vieno - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger